Tips Pilih dan Beli Mobil Bekas Kondisi Prima yang Tahan Dipakai Lama

Berencana untuk beli mobil bekas dalam waktu dekat? Bila iya, Anda perlu paham beberapa hal dalam proses jual beli mobil bekas agar nantinya tidak merugi. Terlebih bagi Anda yang ingin beli mobil bekas lewat cara kredit.

Penggunaan opsi kredit sendiri bisa jadi pilihan terbaik bagi Anda yang mendesak butuh mobil tapi belum punya modal untuk banyak cash. Beragam keuntungan bisa didapatkan bergantung pada perusahaan kredit mobil mana yang Anda pilih. 

Tips Pilih dan Beli Mobil Bekas

Tidak masalah membeli mobil bekas bila kondisinya masih prima. Bahkan dalam beberapa kasus, kredit mobil bekas terhitung lebih menguntungkan dibanding kredit mobil model teranyar. Agar bisa digunakan dalam jangka waktu panjang, berikut tips pilih dan beli mobil bekas yang bisa digunakan. 

1. Cek Dulu Kondisi Mesin

Cek dulu kondisi mesin mobil bekas yang hendak di beli. Pengecekan ini bisa dilakukan dengan berbagai opsi baik langsung maupun tidak langsung. Pada pembelian lewat aplikasi Anda bisa mengecek dulu apakah kondisi mesin bagus atau tidak lewat keterangan yang ada. 

2. Lihat Meteran Mobil

Kilometer atau KM mobil bisa jadi salah satu indikator apakah mobil masih bagus untuk digunakan atau sebaiknya dihindari. Idealnya mobil bekas harus punya kilometer di bawah 50.000 KM. Tapi untuk mendapat mobil terbaik Anda bisa mematok meteran maksimal 20.000 hingga 30.000 KM saja.

3. Periksa Mendetail Struktur Luar dan Dalam Mobil

Struktur mobil sebenarnya tidak terlalu kompleks. Karenanya Anda bisa melakukan inspeksi singkat di bagian luar dan dalam mobil. Pastikan seberapa mulus keadaan mobil dari luar dan seberapa nyaman saat mobil ditunggangi dari dalam. 

4. Cek Kelengkapan Surat Kendaraan

Tidak kalah penting, Anda perlu mengecek kelengkapan surat kendaraan meskipun mobil yang hendak dibeli merupakan mobil bekas. Pada mobil bekas yang bagus tentunya surat tanpa pajak hingga surat lainnya harus dalam keadaan berlaku dan belum mati.

5. Gunakan Dealer Terpercaya

Anda juga perlu menggunakan jasa dealer kredit mobil terpercaya seperti SEVA. Tidak perlu pergi ke kantor pusat beragam kegiatan jual beli termasuk beli mobil bekas bisa dilakukan langsung dari satu aplikasi. Ditambah lagi Anda bisa menggunakan fitur Instant Approval yang begitu memudahkan. 

6. Jangan Ragu untuk Minta Test Drive

Siapa bilang test drive hanya berlaku untuk pembelian mobil baru saja. Agar lebih yakin membeli mobil bekas Anda bisa mengajukan test drive pada mobil yang dituju. Tidak jarang pihak dealer bersedia mendampingi bila memang diminta.

7. Pilih Mobil Bergaransi

Terakhir, pilih mobil bekas dengan jaminan berupa garansi. Tidak semua pihak penjual menyediakan opsi ini. Jadi Anda perlu memilih pihak jual terpercaya sekaligus yang memberikan berbagai manfaat beli sekaligus.

Gunakan tips pilih dan beli mobil bekas di atas agar mobil impian dapat digunakan lama walaupun kondisinya bekas. Gunakan juga pihak jual terpercaya yang tidak hanya memudahkan pemilihan tapi juga proses pembayarannya. 

 

Similar Posts