Upaya Melindungi Kulit dari Dampak Sinar UV Matahari

Sebagai orang yang tinggal di negeri tropis seperti Indonesia, sinar matahari yang berlimpah tentunya sudah menjadi keseharian kita. Di satu sisi adanya sinar matahari ini memberi dampak positif namun di sisi lain adanya paparan ultraviolet berlebih dari sinar matahari bisa membawa beberapa akibat buruk bagi kesehatan seperti kulit kering, melepuh, efek penuaan dini atau bahkan lebih parahnya lagi bisa menimbulkan kanker kulit dan serangkaian jenis penyakit lainnya.

Karena cukup berbahayanya hal tersebut maka ada baiknya saat kita melakukan aktivitas di luar ruangan kita berusaha semaksimal mungkin untuk tidak terkena paparan sinar ultraviolet ini secara berlebihan. Beberapa upaya yang bisa kita lakukan diantaranya adalah sebagai berikut:

Menggunakan Pakaian yang Tertutup

Salah satu cara mudah yang bisa kita lakukan untuk mencegah paparan langsung sinar ultraviolet matahari secara berlebih adalah dengan menggunakan pakaian yang cenderung tertutup termasuk juga menggunakan topi dengan tepian yang lebar. 

Menggunakan Tabir Surya

Hal selanjutnya yang bisa kita lakukan untuk mencegah terkena paparan sinar UV ini adalah dengan menggunakan tabir surya. Untuk tabir surya ini kita bisa menggunakan baik itu sunblock ataupun sunscreen.

Meski sama sama bermanfaat melindungi kulit dari sinar matahari antara sunblock dengan sunscreen ini sebenarnya berbeda. Beda sunscreen dan sunblock tak hanya dari bahan bahan yang terkandung di dalamnya juga pada cara kerjanya. Sunscreen bekerja dengan cara memfilter dan menyerap sinar ultraviolet kemudian mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Sementara cara kerja dari sunblock yakni dengan mencegah sinar UVA dan UVB masuk ke dalam kulit dengan melakukan perlindungan di atas permukaan kulit.

Kita bisa menggunakan salah satu atau bahkan keduanya tergantung kebutuhan. Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan tabir surya ini selain kadar SPF-nya juga soal bahan yang digunakan. Pastikan bahan bahan tersebut aman dan tidak mengiritasi kulit kita. Pilih juga tekstur sunblock yang sesuai dengan karakteristik kulit kita sebagai contoh untuk kita yang memiliki kulit kering ada baiknya memilih sunblock yang mengandung pelembab.

Similar Posts